Tak Mau Dibandingan Dengan Era Koeman, Xavi Yakin Barcelona Sekarang Sudah Lebih Berkembang

Bolamakanbola.com – Komentar Ronald Koeman terkait lambatnya perkembangan Barcelona di era Xavi sempat jadi polemik. Koeman menilai bahwa Xavi tidak benar-benar mengembangkan Barca.

Koeman dipecat Barca pada Oktober 2021 lalu. Dia hanya mendapatkan kesempatan menangani klub kurang dari 18 bulan. Ketika Koeman pergi, Barca ada di peringkat sembilan La Liga dan tertinggal delapan poin dari Real Madrid.

Barca lantas menunjuk Xavi sebagai pengganti Koeman sekitar sebulan kemudian. Kerja keras Xavi selama lima bulan terakhir bisa mendongkrak posisi Barca ke peringkat dua, tapi tertinggal 15 poin dari Madrid.

Baca Juga:  2 Opsi Pengganti Halland Jika Gagal Direkrut Barca

“Tidak bagus membanding-bandingkan. Ketika saya pergi, Barcelona tertinggal delapan poin [dari Madrid], sekarang selisihnya hampir dua kali lipat,” kata Koeman beberapa waktu lalu.

Ucapan Koeman itu tentu memperkeruh situasi. Xavi memang terlihat bisa mengembangkan Barca, tapi pada akhirnya mereka tidak bisa bersaing di level top dengan Real Madrid.

“Mereka [media] sering menggunakan pelatih lama sebagai perbandingan, tapi yang terpenting adalah Barca harus kembali ke jalan yang seharusnya,” kata Xavi.

“Media membandingkan saya dengan Koeman atau dengan pelatih lain. Koeman sudah bekerja dengan baik, kami mencoba bekerja sebaik mungkin dan mengembalikan Barca ke level top.”

Baca Juga:  Ansu Fati Akan Absen Sekitar 2 Bulan

Biar begitu, Xavi tidak sepenuhnya setuju jika Koeman menilai Barca tidak berkembang hanya dari selisih poin dengan Madrid. Menurutnya, dari sisi permainan, Barca sudah jauh lebih baik.

“Menurut saya kami sudah berkembang dari perspektif sepak bola. Kami telah memainkan beberapa pertandingan luar biasa, sebagian lain tidak terlalu bagus, Anda bisa melihatnya di klasemen,” ungkap Xavi.

“Itu bukan kritik untuk Koeman, saya tidak mau mengkritik dia. Secara umum, Barca berada di situasi buruk November lalu.”

“Sejak laga pertama saya lawan Espanyol sampai laga terakhir lawan Betis, tim sudah berkembang, itu fakta,” tandasnya.

Komentari

Check Also

Mauricio Pochettino: Saya Tinggalkan PSG Bukan Karena Kylian Mbappe

Bolamakanbola.com – Pochettino tidak yakin ada andil Mbappe di balik kepergiannya dari Paris, terlepas banyaknya …

Lewandowski: Kini Saya Pergi Dengan Tenang

Bolamakanbola.com – Striker Barcelona, Robert Lewandowski, mengungkapkan sejumlah hal terkait kunjungannya ke markas latihan klub …

AMTV Live
AM Radio
Aulanews
Majalah Aula
E-Harian