PT LIB Respon Tindakan Persebaya Atas Tes COVID Mandiri Yang Hasilnya Berbeda

Bolamakanbola.com – Persebaya Surabaya sedang diterpa isu tentang hasil tes COVID-19 yang dilakukan terhadap para pemainnya. Dalam pemberitaan di sebuah media online disebutkan, ada beberapa pemain yang positif berdasarkan hasil tes versi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Berita itu menyebutkan bila tes digelar pada Sabtu (5/2/2022). Namun ternyata setelah dites ulang oleh manajemen Persebaya pada Minggu (6/2), hasilnya negatif.

Ada empat pemain yang disebutkan dalam media itu dinyatakan positif. Mereka adalah Arif Satria, Bruno Moreira, Taisei Marukawa, dan Alwi Slamat.

Hal itu membuat keempatnya tidak bisa diturunkan dalam pertandingan pekan ke-23 BRI Liga 1 2021/2022 melawan Persipura Jayapura. Laga itu berlangsung pada Minggu (6/2) malam, di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Baca Juga:  Haruna Soemitro Klaim Kritikannya ke Shin Tae-yong Hasil Keluhan Pelatih Liga 1

Di pihak lain, tes yang dilakukan Persebaya pada Minggu (6/2) siang dan keluar pada sore hari, memperlihatkan nama-nama itu negatif COVID-19. Meski beberapa nama lain tetap memperlihatkan hasil yang sama pada tes sehari sebelumnya.

Direktur Operasional LIB, Sudjarno, yang juga Kasatgas COVID-19 BRI Liga 1 2021/2022 mengungkapkan, pihaknya memang menggelar tes Polymerase Chain Reaction (PCR) buat skuad Persebaya. Waktunya pada Sabtu (5/2) sore, dan hasilnya keluar pada Minggu (6/2) pagi.

Nah, hasil tes PCR dari LIB itulah yang dipakai untuk mengesahkan pemain dalam daftar susunan personel (DSP).

Baca Juga:  Yang Kita Tunggu Akhirnya Diresmikan

“Hasil tes PCR dari LIB ada sekitar 13 nama dari Persebaya yang positif. Mereka adalah pemain dan ofisial, jadi tidak kami izinkan untuk ada di sekitar stadion,” ujar Sudjarno, disadur dari laman LIB, Senin (7/2).

“Prinsipnya PCR mandiri yang dilakukan klub merupakan bagian dari penerapan prokes. Tapi hasil tes PCR yang dijadikan rujukan adalah yang disiapkan operator, berkolaborasi dengan Labkes Provinsi Bali dan Kimia Farma,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan, semua harus dikembalikan ke Regulasi BRI Liga 1 2021/2022. Terutama yang ditegaskan dalam Pasal 52 tentang Hasil tes COVID-19 dan Eligibiltas.

Baca Juga:  Ini Hasil Seleksi Pemain Muda Persebaya, Aji Santoso Bangga

“Dalam regulasi sudah dijelaskan perihal mekanisme hasil tes dan turunannya. Dengan begitu semua hasil PCR harus akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan,” tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

“Saya imbau kepada semua klub, tentang hasil tes COVID-19 ini agar selalu berkomunikasi dengan LIB dan Satgas COVID-19 Liga 1. Sehingga semuanya punya pemahaman, tanggung jawab, dan komitmen yang sama,” imbuhnya.

Komentari

Check Also

Cetak 2 Gol di Gawang Persebaya, Ini Tanggapan Samsul Arif

Bolamakanbola.com – Mantan penyerang Persebaya Surabaya, Samsul Arif Munip tampil gemilang dalam Surabaya 729 Game. …

Jelang Timnas U-23 Lawan Timor Leste, STY Sudah Tahu Permainan Tim Lawan

Bolamakanbola.com – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengaku sudah memata-matai Timor Leste jelang bentrok kedua tim dalam partai kedua …

AMTV Live
AM Radio
Aulanews
Majalah Aula
E-Harian