Presiden Barcelona Tegaskan Tak Akan Memaksa Untuk Datangkan Haaland ke Barcelona

Bolamakanbola.com – Klub La Liga, Barcelona masih dililit krisis finansial akibat pandemi Covid-19 yang sempat membuat industri sepak bola terhenti tahun 2020 lalu. Mereka pun tidak mau bertindak gegabah dalam membelanjakan uangnya di bursa transfer musim panas.

Kendati sedang mengalami krisis, Barcelona cukup aktif dalam belanja pemain pada bursa transfer bulan Januari lalu. Mereka merogoh kocek sebesar 55 juta euro dan berhasil mendapatkan tiga penyerang: Ferran Torres, Pierre-Emerick Aubameyang dan Adama Traore.

Aktivitas tersebut membuat publik menduga kalau Barcelona sejatinya punya uang untuk jor-joran di bursa transfer musim panas ini. Termasuk membeli Haaland yang memiliki klausul transfer sebesar 75 juta euro di Borussia Dortmund.

Baca Juga:  Congratulation! Fulham Klub Pertama yang Berhasil Promosi ke Premier League Musim Depan

Namun kenyataannya, mereka terhadang oleh regulasi salary cap yang ditetapkan oleh La Liga. Beberapa waktu lalu, La Liga mengumumkan salary cap Barcelona berada di angka minus 144 juta euro. Mereka harus mendapatkan pemasukan terlebih dahulu sebelum membeli pemain baru.

Perilisan salary cap terbaru itu membuat keraguan melihat Barcelona membeli Erling Haaland semakin membesar. Sebab mereka memang kerap kesulitan menjual pemain yang sudah tidak ingin bermain di Camp Nou lagi.

Pada akhirnya, Joan Laporta selaku presiden klub memilih untuk memprioritaskan finansial klub ketimbang jor-joran di bursa transfer. Mereka takkan memaksa membeli Haaland kalau memang tak mampu.

Baca Juga:  Inisiatif Membela Barcelona, Ini cara Alaba

“Saya takkan berbicara soal pemain spesifik, tapi saya bisa memberitahu anda bahwa kami takkan membuat kesepakatan yang berisiko buat klub,” kata Laporta ke Mundo Deportivo.

“Para anggota bisa tenang karena kami takkan kehilangan akal hanya untuk operasi sebesar ini. Kebanyakan pemain ingin ke Barcelona, mereka menyukai klub ini, tim, filosofi, cara kami bekerja dan mengintepretasikan permainan.”

Laporta cukup pede dengan menganggap Barcelona masih jadi destinasi utama buat para pemain-pemain papan atas Eropa. Ia bisa mewujudkan harapan itu, asalkan mereka rela untuk menyesuaikan gaji dengan keuangan klub saat ini.

“Ini bagus, kami melihat banyak kasus seperti ini setiap hari. Mereka harus beradaptasi dengan level gaji Barcelona serta struktur ekonomi dari kesepakatan yang menjaga kelanjutan dan keseimbangan klub.”

Baca Juga:  Dikabarkan Tak Ingin Bertahan di Liverpool, PSG Siap Rebut Salah Dari Liverpool

Sang presiden juga mendapatkan pertanyaan seputar rumor ketertarikan Barcelona terhadap bintang PSG, Kylian Mbappe, yang bisa direkrut tanpa biaya. Namun lagi-lagi Laporta menegaskan tentang pentingnya mengutamakan klub.

“Saya ingin dipahami secara jelas bahw kami mengutamakan klub di atas semuanya, sebuah tim yang diperkuat di setiap area dan kami tidak ingin mempromosikan atau mencari pemian yang lebih dari tim ini.”

“Yang kami inginkan adalah memperkuat tim sekarang, yang bermain berdasarkan sistem tradisional Barcelona,” tutupnya.

Komentari

Check Also

Resmi, Barcelona FC Depak Beknya ke Celta Vigo

Bolamakanbola.com – Kebersamaan Barcelona dengan Oscar Mingueza resmi berakhir. Barcelona resmi menjual sang bek ke klub Celta Vigo. …

Xavi Santai Saat Lewandowski Belum Cetak Gol di Barcelona: Dulu Luis Suarez Juga Begitu

Bolamakanbola.com – Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, pasang badan untuk membela Robert Lewandowski yang belum kunjung …

AMTV Live
AM Radio
Aulanews
Majalah Aula
E-Harian