24/06/2023

Bolamakanbola.com – FIFA secara resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 pada Jumat (23/6/2023) malam WIB.

FIFA selaku induk sepak bola dunia mengumumkan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 melalui sebuah pernyataan resmi.

Dalam pernyataan tersebut, FIFA menulis sejumlah keputusan yang diambil setelah melakukan rapat dewan.

Salah satunya berkaitan dengan penunjukan negara-negara yang akan menjadi tuan rumah event tahunan FIFA.

Di antara nama-nama negara itu, terdapat Indonesia yang kemudian dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Indonesia akan menggantikan Peru yang semula mendapat kepercayaan dari FIFA untuk menggelar ajang dua tahunan tersebut.

Status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 sudah dicabut sejak 3 April lalu. FIFA menilai, Peru tidak mampu memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen.

Baca Juga:  Tuchel Bingung Memilih Antara Mendy Atau Kepa di Final Piala Dunia Antar Klub?

Selain mengumumkan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, FIFA juga menunjuk Amerika Serikat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Klub pada 2025.

Lalu, Dewan FIFA memutuskan untuk menggelar Kongres FIFA Ke-74 di Bangkok, Thailand, pada 17 Mei 2024.

Dewan FIFA menunjuk Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia Klub yang akan digelar dengan format baru pada 2025. Penunjukan dilakukan pada pertemuan yang diadakan melalui konferensi video dari markas FIFA.

Proses pemilihan tuan rumah ditentukan dengan mempertimbangkann persyaratan infrastruktur dan layanan, serta tujuan strategis yang lebih luas untuk turnamen tersebut.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan posisi Amerika Serikat yang terbukti unggul dalam menyelenggarakan acara global dan karena hal itu FIFA bisa memaksimalkan sinergi dengan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2026, demi kepentingan turnamen dan pengembangan sepak bola di wilayah Amerika Utara.

Baca Juga:  Stadion JIS Diprioritaskan Untuk Persija

Pada langkah selanjutnya, FIFA akan melibatkan pemangku kepentingan terkait untuk memastikan tanggal, tempat, dan jadwal pertandingan turnamen baru ini.

“Piala Dunia Klub 2025 akan menjadi pentas tertinggi bagi klub sepak bola putra profesional, dan dengan infrastruktur yang diperlukan bersama dengan minat lokal yang besar, Amerika Serikat adalah tuan rumah yang ideal untuk memulai turnamen global baru ini,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

“Dengan beberapa klub top dunia yang sudah lolos, penggemar dari setiap benua akan membawa semangat dan energi mereka ke Amerika Serikat untuk membangun tonggak sejarah dalam misi kamu membuat sepak bola benar-benar mendunia.”

Baca Juga:  Berikut Jadwal Siaran Langsung Dan Klasemen BRI Liga 1 Pekan Kedua

Alokasi slot per konfederasi dan prinsip utama akses sudah dikonfirmasi oleh Dewan FIFA pada awal tahun ini.

Tuan Rumah Kongres dan Turnamen FIFA

Selain itu, Dewan FIFA mengonfirmasi bahwa Kongres FIFA ke-74 yang akan berlangsung pada 17 Mei 2024, bakal diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U20 2024, Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U17 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024. Kerangka waktu pelaksanaan untuk masing-masing kompetisi akan dikonfirmasi pada waktunya

Tanggal penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2023 yang akan berlangsung di Uni Emirat Arab, dipindahkan dari 16-26 November 2023 menjadi 15-25 Februari 2024.

Terkini

Tag Populer