Final Piala Afrika : Senegal Berhasil Kalahkan Mesir

Bolamakanbola.com – Senegal berhasil mengalahkan Mesir via adu penalti di laga final Piala Afrika 2021 di Paul Biya Stadium, Olembe, Kamerun, Senin (07/02/2022) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung sangat alot. Namun secara umum Senegal mendominasi permainan dan menciptakan lebih banyak peluang.

Sadio Mane, Bamba Dieng hingga Ismaila Sarr kerap menciptakan peluang. Namun kebanyakan bisa dimentahkan oleh Abou Gabal, termasuk penalti Mane di menit-menit awal babak pertama.

Duel berlangsung sengit dan alot hingga harus dilanjutkan sampai ke babak adu penalti. Di babak ini Edouard Mendy dan Sadio Mane menjadi pahlawan kemenangan bagi Senegal.

Kedua tim langsung mencoba adu serangan sejak menit pertama. Akan tetapi Senegal lebih dominan dalam melakukan serangan ketimbang Mesir.

Pada menit keempat Senegal mendapatkan hadiah penalti. Sebab Saliou Ciss dilanggar Mohamed Abdelmonem di petak terlarang.

Eksekusi dilakukan Sadio Mane pada menit ketujuh. Namun bola tendangannya yang keras masih bisa ditepis kiper Mesir.

Menit ke-12, Sarr melepas tendangan cukup keras dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Abou Gabal.

Baca Juga:  Final Piala Afrika : Senegal VS Mesir, Mane VS Salah

Menit ke-23, Sarr menembus pertahanan kiri Mesir dan mengirim umpan datar ke tiang jauh. Namun bola gagal disambar oleh Mane.

Menit ke-27, Mesir akhirnya mendapat peluang mengancam gawang Senegal melalui aksi individual Mohamed Salah. Sayang sepakannya dari dalam kotak penalti terlalu lemah dan bola bisa diamankan dengan mudah oleh Mendy.

Menit ke-41, Mesir mengancam melalui tendangan Salah lagi. Akan tetapi kali ini bola sepakannya bisa ditepis Mendy keluar lapangan.

Pada akhirnya tak ada gol tercipta sampai laga babak pertama berakhir. Senegal 0-0 Mesir.

Di babak kedua Mesir mencoba bermain dengan lebih agresif. Namun Senegal mendapat peluang apik lebih dahulu.

Pada menit ke-50, Gueye melepas tendangan cukup keras. Namun peluang masih bisa digagalkan kiper Mesir.

Menit ke-55, Senegal mengancam lagi. Namun serangan mereka dari sisi kiri masih bisa digagalkan Gabal lagi.

Menit ke-72 Mesir mendapat peluang melalui tandukan Hamdi. Sayang bola masih melebar ke sisi kiri gawang Senegal.

Menit ke-84, Dieng melepas tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti usai mendapat umpan tarik dari sayap kiri. Tapi bola sepakannya melambung tinggi.

Baca Juga:  Final Piala Afrika : Pelukan Dari Mane Untuk Tangisan Mohamed Salah

Pada akhirnya kedua tim masih tak bisa mencetak gol sampai waktu normal berakhir. Laga pun dilanjutkan ke babak extra time.

Senegal langsung menggebrak begitu laga babak pertama extra tim dimulai. Mereka mendapat peluang melalui serangan balik yang dipungkasi tendangan kaki kiri Bamba Dieng ke tiang jauh dari dalam kotak penalti. Namun bola masih bisa ditepis oleh Gabal dengan tangan kirinya.

Menit ke-100, Dieng mendapat kans menanduk bola hasil sepak pojok Ciss. Namun bola yang mengarah ke sisi kiri gawang masih bisa ditepis Gabal. Senegal mengancam lagi dari sepak pojok melalui tandukan Diallo. Tapi kali ini bola melambung di atas mistar gawang.

Sampai babak pertama extra time berakhir tak ada gol yang tercipta. Laga berlanjut ke babak kedua.

Dieng kembali mengancam dengan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti pada menit ke-115. Namun Gabal masih bisa mengamankan bola.

Baca Juga:  Satu Grup Dengan Jerman di Piala Dunia 2022, Enrique Tetap Tenang

Semenit kemudian, Hamdi melepas tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Namun peluang ini masih bisa digagalkan pertahanan Senegal.

Gol masih belum tercipta di extra time babak kedua. Laga pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Kalidou Koulibaly jadi eksekutor pertama Senegal dan sukses mencetak gol. Sementara eksekutor pertama Mesir adalah Zizo. Ia juga sukses. 1-1.

Abdou Diallo sukses jadi eksekutor penalti kedua Senegal. Sementara itu Algojo kedua Mesir yakni Abdelmonem gagal melakukan tugasnya karena bola menghantam tiang kiri. 2-1.

Bouna Sarr jadi eksekutor ketiga namun bola sepakannya bisa diblok Abou Gabar. Sementara itu algojo ketiga Mesir yakni Marwan Hamdy sukses melakukan tugasnya. 2-2.

Penendang keempat Senegal adalah Bamba Dieng. Ia dengan mudah menaklukkan Gabal. Sementara eksekutor keempat Mesir yakni Mohamad Lasheen gagal menaklukkan Mendy. 3-2.

Eksekutor kelima Senegal adalah Sadio Mane. Ia sukses melaksanakan tugasnya menjebol gawang Mesir dan membawa negaranya juara Piala Afrika 2021 dengan skor 4-2!

Komentari

Check Also

Setelah Bilang Akan Meninggalkan Liverpool, Mane Beri Klarifikasi Itu Hanya Bercanda

Bolamakanbola.com – Winger Liverpool, Sadio Mane sempat menarik perhatian beberapa waktu lalu. Ia membuat klaim kalau …

Van Dijk Turut Prihatin Kepada Mohamed Salah Atas Gagalnya Timnas Mesir Melaju ke Piala Dunia 2022

Bolamakanbola.com – Bek Liverpool, Virgil van Dijk memberi dukungan rekan setimnya, Mohamaed Salah, untuk melupakan …

AMTV Live
AM Radio
Aulanews
Majalah Aula
E-Harian