Dana Terbatas, Presiden Barcelona Tak Mau Janji Datangkan Haaland

Bolamakanbola.com – Merekrut Erling Haaland dari Borussia Dortmund adalah langkah yang riskan buat Barcelona, karena biaya yang tinggi dan dana yang pas-pas an. Dan karena itulah, Joan Laporta selaku presiden klub tidak mau menjanjikan apa-apa.

80 gol dari 80 penampilan di semua kompetisi yang dicetak bersama Dortmund membuat Haaland menjadi buruan banyak klub papan atas Eropa. Penyerang asal Norwegia tersebut akan menjadi rebutan ketika bursa transfer musim panas dibuka.

Dortmund sendiri takkan bisa berbuat banyak untuk menahan sang bintang. Sebab ketika mendatangkannya dari Salzburg di tahun 2020 lalu, mereka sepakat untuk mencantumkan klausul rilis dalam kontraknya.

Baca Juga:  Presiden Barcelona Tentang Mbappe Atau Haaland : Enggak Dulu

Klausul rilis tersebut baru akan berlaku pada tahun 2022 ini dengan nominal sebesar 75 juta euro. Bukan nilai yang terlalu fantastis di era sekarang, sehingga diprediksi bakal terjadi adegan saling sikut antar klub untuk memperebutkannya.

Barcelona adalah salah satu klub yang diketahui meminati Haaland. Namun berbeda dengan raksasa-raksasa Eropa lain, angka 75 juta euro dirasa terlalu besar buat Barcelona yang baru dihantam krisis finansial akibat pandemi Covid-19.

Laporta sempat dengan yakin menyatakan kalau Barcelona mampu berbicara banyak di bursa transfer musim panas nanti. Namun belakangan, kepercayaan dirinya seperti runtuh secara perlahan-lahan.

Baca Juga:  Rekap Pertandingan Inggris vs Swiss : Skor 2-1

“Kami bekerja pada masa depan skuat. Baik [direktur sepak bola] Mateu Alemany dan [penasihat] Jordi Cruyff juga tengah mencari rasionalitas tertentu,” ujar Laporta kepada TV3.

“Kami di sini untuk mengurus klub sepak bola dengan baik. Kami berada dalam periode itu, walaupun kami berkembang secara ekonomi, tapi masalahnya belum selesai. Situasi ekonominya belum berbalik dan itulah prioritasnya.”

Pada akhirnya, Laporta tidak mau mengambil risiko dengan mengeluarkan uang banyak untuk satu pemain saja. Bahkan Barcelona mungkin takkan merekrut penyerang kalau melihat lini depannya menghasilkan cukup banyak gol belakangan ini.

Baca Juga:  Haruna Soemitro Klaim Kritikannya ke Shin Tae-yong Hasil Keluhan Pelatih Liga 1

“Sudah jelas bahwa kami ingin meningkatkan tim jadi lebih kuat. Kami akan habis-habisan, tapi kami takkan melakukan operasi apapun yang bisa membahayakan institusi,” tutup Laporta.

Sejauh yang diketahui, Manchester City berada di posisi terdepan dalam perburuan Haaland. Mereka dikabarkan siap menggelontorkan uang hingga 120 juta euro untuk mendanai transfer sekaligus komisi sang agen, Mino Raiola.

Komentari

Check Also

Resmi, Barcelona FC Depak Beknya ke Celta Vigo

Bolamakanbola.com – Kebersamaan Barcelona dengan Oscar Mingueza resmi berakhir. Barcelona resmi menjual sang bek ke klub Celta Vigo. …

Xavi Santai Saat Lewandowski Belum Cetak Gol di Barcelona: Dulu Luis Suarez Juga Begitu

Bolamakanbola.com – Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, pasang badan untuk membela Robert Lewandowski yang belum kunjung …

AMTV Live
AM Radio
Aulanews
Majalah Aula
E-Harian