3 Gelandang Terhebat dalam Sejarah Premier League

Bolamakanbola.com – Manchester City berhasil mempertahankan gelar Premier League pada musim 2021/2022. Kevin de Bruyne memainkan peran penting dibalik kesuksesan The Citizens tersebut.

Gelandang pekerja keras berkebangsaan Belgia itu tampil cemerlang sepanjang musim dan nyaris tak tergantikan. Sang pelatih, Pep Guardiola, kontan melayangkan sanjungan setinggi langit. “Dia cepat, tajam, dan punya pengaruh besar di tim,” kata Guardiola.

Sejak diboyong dari VfL Wolfsburg pada 2015, De Bruyne mengalami peningkatan permainan di Inggris. Bisa dibilang, saat ini De Bruyne masuk daftar elite gelandang berkelas di seantero Eropa, bahkan dunia.

Sebelumnya, Premier League juga dihiasi sederet talenta mumpuni di lini tengah. Tiga di antaranya masuk kategori gelandang terhebat sepanjang sejarah. Setidaknya nama-nama di bawah ini berasal dari tiga klub besar, yakni Liverpool, MU dan Chelsea. Penasaran?

Baca Juga:  Arsenal Coba Seriusi Peluang Kembalinya Serge Gnabry Pada Musim Panas Mendatang

Frank Lampard

Bagian dari generasi emas Timnas Inggris, Frank Lampard adalah integral dari kemunculan Chelsea sebagai tim tangguh di Eropa. Satu di antara gelandang ‘box-to-box’ terhebat yang pernah ada di dunia.

Kebiasaannya yang datang terlambat di dalam kotak, membantunya meraih banyak gol penting dan penentu kemenangan. Satu-satunya gelandang yang mencetak lebih dari 150 gol di Liga Inggris, Frank Lampard memenangkan 13 trofi yang luar biasa bersama The Blues.

Dia berada di puncak kariernya dari 2004 hingga 2006. Super Lamps berada di urutan kedua dalam klasemen Ballon d’Or 2005, di bawah Ronaldinho. Jitu mengeksekusi penalti danbola mati, Lampard akan selamanya dikenang oleh fans para penggemar Chelsea atas kontribusi penting dan penampilannya yang inspiratif.

Baca Juga:  Inilah Komentar Tuchel Tentang Situasi Terkini Yang Menimpa Chelsea

Stefan Gerrard

Tak pernah mengangkat trofi Liga Inggris bukan berarti tak bisa menjadi legenda. Steven Gerrard tidak diragukan lagi adalah gelandang Liverpool terhebat sepanjang masa.

Kepemimpinan, permainan serta loyalitasnya meningkatkan reputasi diri sebagai satu di antara pesepakbola terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Mampu bermain di seluruh lini tengah, Gerrard tampil luar biasa saat Liverpool memenangkan Liga Champions 2005.

Tak ada yang meragukannya. Legenda Prancis, Zinedine Zidane, berani bersaksi jika Gerrard merupakan gelandang terbaik di dunia.

“Ada satu titik ketika Gerrard adalah pemain lini tengah terbaik di dunia. Tidak biasa mendapatkan pemain lini tengah lengkap yang bisa melakukan segalanya. Itulah dia,” kata Zidane.

Baca Juga:  PSG Tertarik Dengan Jasa Mikel Arteta, Bagaimana Reaksi Arsenal?

Paul Scholes

Dia adalah satu di antara pemain yang mendapat kepercayaan dari Sir Alex Ferguson. Pemain berjuluk ‘Ginger Genius’ itu memainkan peran besar menjadikan Manchester United menjadi klub besar yang ditakuti di Eropa.

Selain fisik dan stamina yang tak pernah kendur, Scholes dikenang sebagai pengumpan yang jitu. Sukses bersama MU membuat sangat dihormati rekan setim serta disegani pemain lawan.

Xavi yang kini menukangi mantan klubnya, Barcelona, pada 2011 menjadikan Scholes sebagai panutannya. “Seorang contoh luar biasa. Bagi saya, dia adalah gelandang tengah terbaik yang pernah saya lihat dalam 15 sampai 20 tahun terakhir. Dia spektakuler. Dia memiliki segalanya. Dia kuat dengan umpan yang sangat terukur,” kata Xavi.

Komentari

Check Also

Resmi, Barcelona FC Depak Beknya ke Celta Vigo

Bolamakanbola.com – Kebersamaan Barcelona dengan Oscar Mingueza resmi berakhir. Barcelona resmi menjual sang bek ke klub Celta Vigo. …

Gabung AC Milan, De Ketelaere Malah Mati Gaya Permainan

Bolamakanbola.com – Gelandang asal Belgia Charles de Ketelaere mengaku dirinya tak tahu harus bereaksi seperti apa …

AMTV Live
AM Radio
Aulanews
Majalah Aula
E-Harian